Tips Cara menanam Philodendron Plowmanii

TANAMAN PLOWMANII

Pada tulisan ini, penulis hanya mencoba untuk sharing, tentang cara juga tips dari merawat tanaman jenis Philodendron Plowmanii, berdasar pengalaman, berdasarkan arahan dari beberapa orang dan referensi dari beberapa plants media (media bercocok tanam) juga beberapa blog, Philodendron Plowmanii, tanaman Philodendron ini memiliki karakter kuat pada daun dan tangkai daunnya, selain warna dan juga jenis nya bemacam-macam, ada beberapa tips sederhana berdasarkan pengalaman yang dialami penulis selama mengurusnya, Plowmanii mempunyai beberapa jenis jika dilihat dari bentuk daunnya, sebut nama Black face (daun lebih gelap) , Round form (daun bulat) atau Narrow form (bentuk daun lebih lancip), tanaman Plowmanii ini merupakan salah satu jenis Philodendron yang sulit untuk berkembang biak (Slow grower), beberapa blog diluar sana menyebut seperti itu, mungkin ada benarnya, penulis mempunyai pengalaman dan kesulitan sendiri ketika mendapatkannya pertama kali pada pertengahan 2020 lalu, dengan kondisi cukup rentan, masih berbalut lumut, juga terlihat lemas, yang akhirnya tersenggol Kucing dan patah, pada dasarnya tanaman Plowmanii berhasil menyuguhkan pengalaman dalam memanjakan mata kita, dari bentuk juga warna, pada dasarnya tanaman bisa tumbuh subur juga berkembang apabila berada pada lingkungan yang tepat, ditanam pada media tanamn yang cocok, kondisi cahaya dan suhu yang memadai, pemberian pupuk (nutrisi) yang baik dan pas juga mengembangbiakannya. akan membuat tanaman ini lebih mudah berkembang mungkin di beberapa negara Barat kondisi ini sulit didapatkan.

Jika kita urai satu persatu maka, meletakan pada tempat yang pas adalah no1, Philodendron menyukai tempat yang lembab, habitat mereka hidup dan berada pada atau dekat pada tanaman lain, berfungsi sebagai peneduh, ini sangat harus dilakukan, dan apabila sudah cocok, jangan coba pindahkan lagi, biarkan dia hidup pada titik tersebut, ini juga berlaku pada tanaman lain sebenarnya. jikak tidak ada buatlah habitat tanamn tersebut agar seperti tadi lembab, usahakan teduh dan tidak terkena cahaya matahari langsung (undirect), lalu Philodendron menyukai media tanah yang poros dan tidak menyimpan air. Media untuk menanam tumbuhan ini harus bisa mengalirkan air dengan baik. Kondisi tanah yang terlalu basah bisa menyebabkan masalah di kemudian hari, tidak seperti layaknya Monstera atau Philodendron bertangkai keras. Plowmanii cenderung bertangkai seolah berisi air, batang kayunya ada didasar dan ditanah,

Tanaman Philodendron Plowmanii bisa tumbuh dengan cepat apabila mendapatkan perlakuan yang tepat pula, Tanah yang terlalu basah bisa menyebabkan kebusukan, Untuk praktik penyiraman, kamu bisa menyiram tanaman ini 2 hingga 3 kali dalam sepekan. Biarkan bagian atas tanahnya mengering sebelum penyiraman selanjutnya, ada kalanya penyiraman dilakukan sangat basah, ada pula saat penyiraman dilakukan hanya membasahi daun atau bagian bawah batang saja, Jika kamu melihat daun Philodendron lemas, bisa jadi karena cara penyiraman yang keliru. Kamu per lu memperbaiki cara penyiraman agar kondisi tanaman kesayanganmu kembali normal. Pemupukan secara rutin perlu dilakukan untuk tanaman Philodendron. Tanaman ini butuh nutrisi. Sebaiknya gunakan pupuk khusus tanaman hias daun, bisa misal menggunakan Osmocote atau Decastar juga Growmore, nah untuk pengembangbiakan penulis akan pisahkan dari tulisan ini, biar ngga kepanjangan, selamat mencoba (marine)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s